Minggu, 04 April 2010

KBK (KURIKULUM BERBASIS KEKERASAN)
Sungguh ironis dunia pendidikan hari ini. Lagi-lagi seorang guru aniaya murid, yang menimpa pada Muhammad pelajar kelas 7 (tujuh) Makasar, Karena ulahnya bermain sepak bola di dalam kelas mengakibatkan sekarang dia buta. Tidak hanya itu, akibat dari kurang kesabaran seorang guru banyak anak didik yang hidupnya tak normal lagi seperti halnya Didi kelas dua SD karena membuang sampah sembarangan membuatnya sekarang dia terbaring karena lumpuh. Itu semua di akibatkan oleh seorang guru yang ceroboh, kurang arif dan bijaksana dalam mendidik anak muridnya.
Padahal seorang guru adalah suri tauladan buat murid-muridnya seharusnya jangan mudah tersulut emosi tetapi harus memiliki kesabaran untuk mendidiknya. Dengan emosi, seorang murid dari bangku sekolahnya bukanlah mendapatkan ilmu melainkan hanyalah kekerasan yang menyebabkan ia trauma dan tidak mau lagi belajar.
Dengan begitu muncul pertanyaan, pendidikan bangsa ini mau di bawa dan diarahkan kemana? Ini semua adalah PR dan bahan renungan bagi semua pendidik supaya lebih arif dan bijaksana.

Tidak ada komentar: